Saturday, April 21, 2012 18:42:41

Server Cloud Gratis untuk Ebook Anda

Article and tutorial that related to Linux Operating System  
Sebagian dari kita tentu sudah pernah atau sering mendengar istilah cloud / awan. Seringkali di jalanan kita temui kata-kata itu. Lalu apakah kita sudah terlibat di dalamnya?

Apa sih cloud itu? Dari penjelasan di Wikipedia Cloud computing merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan) yang disajikan sebagai suatu layanan (= service), sehingga pengguna dapat mengakses via Internet tanpa perlu dipusingkan bagaimana cara membuat atau bahkan tidak perlu lagi harus memiliki infrastruktur dari teknologi yang disajikan.

Bayangkan kehidupan sekarang / kedepan sejak adanya cloud computing. Dimana kita tidak lagi kuatir data kita / ebook yg kita simpan hilang begitu saja saat PC / laptop kita rusak. Itu tidak akan terjadi lagi, semua bisa kita simpan di server cloud kita, sync sewaktu-waktu baik di laptop, device , smartphone kita atau bahkan diakses via TV.

Perkembangan yang semakin canggih, membuat beberapa vendor besar menjual dalam format ebook Amazon, Kobo, Barnes & Noble dll, dan bisa diakses via alat ebook reader, android, iphone, ipad dan smartphone lainnya.

Pada artikel kali ini, penulis mencoba menyajikan server ebook dengan memanfaatkan media cloud gratis yang ada di Internet , disini menggunakan layanan Dropbox.

Agar ebook cloud kita bisa diakses via device / gadget / pc maka kita harus menggunakan Spesifikasi dari The Open Publication Distribution System (OPDS). OPDS merupakan format standarisasi untuk publikasi elektronik. Oleh karena itu penulis memanfaatkan Calibre dan Calibre2opds untuk mewujudkan keinginan memiliki cloud ebook sendiri ini.

Setting Dropbox
Yang pasti tentu sudah memiliki account di dropbox. Yang perlu dilakukan adalah kita membuat folder di dalam folder Public. Penamaan folder terserah kita yang pasti ditempatkan di dalam folder Public (karena nantinya akan diakses dari luar). Pada penulisan ini diasumsikan disini foldernya adalah : /home/user/DropBoxFolder/Public/EbookCloud

Setting Calibre
Proses instalasi calibre tidak dijelaskan disini. Penjelasan di web calibre cukup mudah di pahami dokumentasi instalasinya.

Kita cuma perlu memastikan bahwa Calibre Library lokasinya di folder /home/user/DropBoxFolder/Public/EbookCloud (sesuai settingan di Dropbox folder).

Setelah settingan sudah benar dan kita sudah mulai memasukkan ebook. Maka ebook kita sudah mulai ter-sync ke server Dropbox

Setting dan Instalasi calibre2opds
Lalu bagaimana agar katalog ebook kita bisa diakses dari Internet?
Disinilah peranan dari calibre2opds. Software ini mampu menggenerate daftar ebook kita dalam format OPDS, sehingga memudahkan device / gadget untuk mengakses nya.
1. Download via website calibre2opds
2. Disini penulis mendownload calibre2opds-3.0-151M.jar
3. Install dan ikutin prosedur instalasinya
java -jar calibre2opds-3.0-151M.jar
4. Di dalam folder instalasi yang kita tentukan di point 3 diatas, terdapat file OpdsOutput-3.0-SNAPSHOT.jar
5. Jalankan file OpdsOutput-3.0-SNAPSHOT.jar
java -jar OpdsOutput-3.0-SNAPSHOT.jar

6. Sekarang kita perlu men-setting Calibre2opds
7. Pada Menu Main Option pastikan Database folder adalah sesuai dengan folder yang kita setting sebelumnya.
8. Pada Menu Catalog generation options Penulis mencentang Do not generate the "Series" catalog dan tidak mencentang Include the "About calibre2opds" entry. Sisanya penulis biarkan sesuai default
9. Di menu Advanced customization options Cuma perlu dipastikan pada opsi Included formats tambahkan format file yang ingin didukung (penulis menambahkan chm disini)
10. Setelah semua dirasa sesuai dengan selera kita bisa meng-generate nya dengan memilih menu File - Generate catalogs
11. Hasilnya berupa folder _catalog yang otomatis juga ter-sync ke server Dropbox.
12. Masuk ke web dropbox dan login. Di system Dropbox Online masuk ke folder _catalog
13. Cek link dari file index.xml
14. Catat link ini dan siap dimanfaatkan untuk di akses dari aplikasi ebook. 15. Jika menggunakan Gadget / Smartphone untuk mengakses server cloud buatan sendiri ini, penulis menggunakan Aldiko di android, Stanza di iPhone, atau Quick Reader di iPad.

Selamat Datang di Komunitas Awan :-)

Permalink logo del.icio.usadd to del.icio.us | view as pdfview as pdf